cover
Contact Name
akhyarnis febrialdi
Contact Email
febrialdi1@gmail.com
Phone
+628117408799
Journal Mail Official
jurnalkomposits.umb@gmail.com
Editorial Address
Prodi Teknik Sipil, Kampus I Universitas Muara BungoFakultas Teknik Universitas Muara Bungo. Jl Lintas Sumatera. Sungai Binjai
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
Jurnal KOMPOSITS
ISSN : -     EISSN : 27217256     DOI : 10.36355
Jurnal KOMPOSITS mempublikasikan artikel Hasil Penelitian dan Paper review (literature article) dengan Ruang Lingkup : 1. Material & Rekayasa Struktur. 2. Teknik Sumber Daya Air 3. Sistem Transportasi dan Perkerasan Jalan 4. Manajemen Konstruk
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS" : 7 Documents clear
PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH POME PADA PERKERASAN JALAN DITINJAU DARI NILAI VWA Alfian Saleh; Muthia Anggraini
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i2.600

Abstract

Bahan pengikat perkerasan jalan yang banyak digunakan adalah aspal minyak AC 60/70. Untuk meningkatkan kinerja dan ketersediaan campuran aspal dalam jangka panjang. Pada penelitian ini penulis menciba campuran aspal beton lapis aus (AC-WC) menggunakan aspal minyak dengan penetrasi 60/70 dengan penambahan Limbah POME. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai VMA pada perkerasan jalan dengan penambahan Limbah POME. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan di laboratorium dengan variasi kadar Additive 0%, 1%, 2%, 3%, 4%,dan 5%.Pengujian menggunakan alat Marshall test. Hasil perhitungan didapatkan Kadar optimum Additive adalah 2,9975% dengan penggunaan Kadar aspal optimum 5,8% dengan nilai stabilitas tertinggi adalah 1891,88  kg pada kadar Additive 4% dan terendah  1609,35 kg pada kadar Additive 2%. Flow tertinggi adalah 3,88 mm pada kadar Additive 5% dan terendah 3,50 mm pada kadar Additive 4% nilai VMA Nilai VMA tertinggi 19,02% pada kadar Additive 5% dan terendah 10,56%.
KALKULASI PCI GIRDER BENTANG 30 METER BERDASARKAN STANDAR BINA MARGA PADA JEMBATAN BATANG BUNGO Budi Eka Dharma; Tidah Indriyani; Suwarjo Suwarjo
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i2.601

Abstract

Pembangunan DuplikasiJembatanBatang Bungo inidisebabkankarena pada jembatan lama telahmelebihibataskelayakan yang dibangunsejaktahun1970,degan material baja, dimanaKonstruksibajamemerlukanpemeliharaanrutin dan biaya yang tidaksedikit, karenabajarawankorosi dan di tambahlagikapasitastonasekendaraan yang berlebihanmelintasijembatan lama yang mengakibatkankelelahan (fatigue). Untukitu, makadibangunlahjembatan agar kapasitaskendaraandapatdibagidengandibangunnyaDuplikasiJembatanBatang Bungo.Pada perencanaanteknisjembatannasionalProvinsi Jambi, penampang girder dan jumlahangkur (custing), dirancangdenganukuranbagianataskepalalebihbesardibandingkandenganbagianbawah, yaituukuranbagianataskepala 75cm dan bagianbawah 65 cm. Begitupunjumlahangkur (custing) pada perencanaanyaberjumlah 3 custing. Namun, pada pelaksanaanyajumlahangkurtidaksesuaidenganperencanaanya, yaituberjumlah 4 angkur (custing). Syaratpenampang PCI girder bentang30 meterberdasarkanStandar Bina Marga adalah pada strukturpenampangbagianatasataukepalagelagarberukuran 55 cm, dan lebarbagianbawahgelagar 65 cm, dengantinggi 160 cm. Sehinggadengankasus di atas, Analisa menggunakansistem VSL (voorspan system loesinger).Berdasarkanhasil Analisa penampang PCI Girder yang ditinjaudenganfaktorkeamananbebanmatiatautetap 1,3 akanmenghasilkanbebanpermeter 1,9 ton per meter, halinimemenuhisyaratkelayakanmaksimum2,5 tonpermetersehingga PCI yang ditinjautermasukkatagoriprofil body ideal
ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PILIHAN MODATRANSPORTASI UDARA DI BANDAR UDARA MUARA BUNGO Sucitra Wijaya; Ari Andrial; Budi Eka Dharma
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i2.597

Abstract

Pada masa sekaranginitransportasiudaraberubahdengancepat, dimana salah satupilihanjasatransportasi yang sangatcepat dan menghematwaktuadalahmelaluijasaangkutanudara.Penyediajasainiperlumeningkatkankinerja dan pelayanannyadenganmemenuhikebutuhanpelanggan. Persepsimasyrakatterhadapkualitaslayanan bandar udarahanyalah salah satudaribeberapafaktor, misalnyafasilitasdaribandaraitusendiri. Maksud dariPenelitianiniadalahuntukmengetahuipersepsimasyarakatterhadapmodatransprtasiudara Muara Bungo dan faktor manayang paling dominanmempengaruhimasayarakat. Penelitianiniakanmenganalisistingkatpengaruhmasyarakatterhadappemilihanmodatransportasiudaramengunakananalisis SkalaLikert yang bertujuanuntukuntukmengukurpersepsi, sikapataupendapatseseorangataukelompokmengenaisebuahperistiwaataufenomena dan menggunakananalisi CostumerSatisfation Index (CSI) yang gunanyamengetahuitingkatpengaruhkepuasanmasyarakatsecarakeseluruhaanterhadap Bandar udara Muara Bungo.Berdasarkanhasilperhitungankuesionermakadidapatnilaiindekstingkatpengaruhmasyarakatadalah 0.76 atau 76% nilaiiniterdapat padarange 0.66 - 0.80. Berdasarkanindeks CSI sebesar 76% iniberartisecarakeseluruhanrespondensudahberpengaruhterhadapkepuasan bandar udara Muara Bungo dan darihasil Skala Likertbahwahasilkuisioner yang paling dominanmempenagruhimasyarakatadalahkuisionernomor 2sebesar 430 rentangskalayaitukarenajaraklokasilebihdekatsehinggawaktu dan biaya jugadapatlebihefisien.
Evaluasi Kemajuan Proyek Preservasi Jalan Batas Provinsi Riau – Merlung – Batas Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Metode Nilai Hasil Imam Haji Batubara; Ade Nurdin; Dyah kumalasari
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i2.602

Abstract

Population increase is increasing from time to time. As the population increases, the need for basic goods and logistics also increases. Smoothness to meet needs depends on adequate infrastructure, one of which is roads. Road is an infrastructure that connects one area to another. Damage to roads can break the wheels of the economy in an area and slow down the arrival of basic goods for the needs of the population in an area. One of the activities that can improve this is road repairs. The central government through the Ministry of Public Works and Public Housing runs a program called Longsegment Road Preservation which aims to obtain stable and uniform road conditions in one longsegment. Longsegment Road Preservation is one solution to repair damaged roads, but it is possible that activities in the field do not go according to plan, so it is necessary to evaluate the progress of a work. One of the Longsegment Road Preservation projects in Jambi Province is the Road Preservation of the Riau Province Boundary – Merlung – West Tanjung Jabung Regency. In order to see whether this work is good or not, an evaluation of the project's progress is carried out using the Result Value method. The results of this study indicate that the time and cost performance of the Road Preservation of the Riau Province Boundary – Merlung – West Tanjung Jabung Regency shows poor performance based on the CV = Rp. -3,037,850.00, CPI = 0.999 1,000, SV = Rp. -428,871,785.62, SPI = 0.935 1,000. The realization of the Road Preservation of the Riau Province Boundary – Merlung – West Tanjung Jabung Regency implementation was not in accordance with the plan, this was based on weekly reports in the twelfth week of realization progress of 25.680% while the planned progress was 28.554% so that there was a deviation of -2.875% 
ANALISIS BIAYA PEMELIHARAAN PEMBANGUNAN WISATA TAMAN TAMPOENEK KABUPATEN BUNGO Radinal Radinal; Trisnoko Eko Saputra; Ade Kurnia Putri
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i2.598

Abstract

Taman tampoenek merupakan salah satu taman yang berada Kabupaten Bungo terletak di kecamatan Rimbo Tengah. Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan daerah. Evaluasi investasi merupakan sebuah penilaian terhadap suatu objek. Evaluasi terhadap biaya pemeliharaan yang dilakukan untuk melihat sejauh mana manfaat yang didapat terhadap biaya yang dikeluarkan selama periode 1 (satu) tahun. Penelitian tidak mengkaji terhadap besar nilai Investasi keseluruhan hanya fokus terhadap biaya pemeliharaan.  Parameter yang digunakan pada penelitian ini untuk meninjau investasi pemeliharaan taman yaitu dengan menggunakan metode Net Present Value (NPV), Benefit Of Cost (BCR). Setelah dilakukan Analisa dengan aspek ekonomi diperoleh nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp. Rp.69.920.000,- 0, Benefit Of Cost (BCR)Sebesar 1,3 1menunjukan investasi layak serta didapat nilai NPV masih negative. Penelitian ini dapat disimpulan bahwa investasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bungo ditinjau dari sisi manfaat yaitu layak.Kata kunci :Pemeliharaan, Investasi, Kelayakan
Evaluasi Kemajuan Proyek Pada Proses Pengendalian Kinerja Waktu Dan Biaya Dengan Metode Nilai Hasil Ahmad Zaki; Ade Nurdin; Fetty Febriasti Bahar
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i2.603

Abstract

This study has a purpose to analyze the progress of the cost of controlling time performance and with the Result Value method. Project performance is usually an assessment parameter in the success or failure of a project in general. Poor project management can be a bad cause and harm the project. One of the sources that causes poor project performance is usually a mismatch between the budget, implementation period, and the quality of work against the plan. One method of controlling costs and time is known as the Earned Value Method. This concept is a concept of calculating costs in accordance with the work that has been completed (budgeted cost of work performed). Road Preservation Job Packages Sp. Tuan - Bts. Kabupaten Muaro Jambi - Sp. Tiga Batara Gas Plant (Pematang Lumut) is a work package belonging to The Jambi Province Regional I National Road Implementation Unit with the Service Provider PT. Satya Wira Persada. This work package whose source of funds is from the 2021 State Budget has varied daily reports. The author evaluates the performance of the time and schedule on the project by getting the results of time and cost performance on the Road Preservation Work Package of Sp. Tuan - Bts. Kabupaten Muaro Jambi - Sp. Tiga Batara Gas Plant (Pematang Lumut) showed poor performance based on the CV = Rp. -3,037,850.00, CPI = 0.999 1000, SV = Rp. -428.871.785.62 and SPI = 0.935 1000. According to the results of the evaluation using the Value method, the predicted execution time to complete this work package is 380 days, while the time for implementation based on the contract is 360 days so that this project is predicted to experience a 20 day delay in completing the work. The Realization of the Implementation of the Road Preservation Work Package for Sp. Tuan - Bts. Kabupaten Muaro Jambi - Sp. Tiga Batara Gas Plant (Pematang Lumut) is not according to plan, this is based on reports in the twelfth week of progress of 25.680% while the planned progress is 28.554% so that there is a deviation of -2.875%. Road Preservation Work Package project conditions Sp. Tuan - Bts. Kabupaten Muaro Jambi - Sp. Tiga Batara Gas Plant (Pematang Lumut) in the twelfth week reporting period suffered losses when viewed from the cost aspect with the Yield Value method and delays when viewed from the schedule aspect with the Earned Value method
ANALISA STRUKTUR PONDASI GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS MUARA BUNGO - JAMBI (Gedung Berlantai 7) Yugo Satriyadi; Lian Novratrilova; Suwarjo Suwarjo
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 2 (2021): September, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i2.599

Abstract

Universitas Muara Bungo merupakan salah satu Universitas yang ada di Provinsi Jambi wilayah Barat. Kebutuhan akan gedung untuk proses belajar/mengajar dan fasilitas lainya sebagai sarana penunjang pendidikan adalah mutlak diperlukan. Pondasi pada proyek pembangunan gedung Universitas Muara Bungo ini adalah jenis pondasi dalam yakni pondasi Bored Pile. Pondasi bored pile adalah pondasi dalam yang berfungsi meneruskan beban bangunan kedalam lapisan tanah keras yang bila lapisan tanah dipermukaan atas tidak cukup untuk menahan beban bangunan ; jika hanya menggunakan pondasi dangkal,sehingga diperlukan daya dukung tambahan. Tugas akhir ini menyajikan daya dukung pondasi bored pile, stabilitas pondasi dan analisa detail penulangan pondasi pada proyek pembangunan gedung Rektorat Universitas Muara Bungo. Untuk mencari daya dukung pondasi menggunakan Metode Mayerhoff. Didapat daya dukung pondasi 1 tiang bored pile berdasarkan mutu kekuatan bahan adalah 3.255 ton dan daya dukung pondasi berdasarkan nilai konus qc = 41,94 kg/cm2 adalah 3.044,04 ton. Berdasarkan analisa stabilitas pondasi, pondasi tidak akan terjadi guling, tidak bergeser, tidak melesak dan terjadi penurunan(settlement) pada pondasi. Untuk tiang tunggal sebesar 6 cm dan kelompok tiang sebesar 0,83 cm

Page 1 of 1 | Total Record : 7